Image

Salah Satu Jaminan Kualitas Sebuah Diklat Tergantung Dari Kualitas Widyaiswaranya

Selasa, 24 Mei 2016; |  Jam 08:35:32 WIB  

Jakarta – Widyaiswara merupakan salah satu jabatan fungsional yang memiliki tanggung jawab besar dan merupakan bagian integral dalam sistem kediklatan. Baik buruknya kualitas lulusan Diklat sangat tergantung dengan peran widyaiswara dalam proses pembelajaran.  

Hal ini disampaikan Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN DR. Muhammad Idris, Msi saat membuka Diklat Widyaiswara Berjenjang Tingkat Muda, di Kampus PPLPN LAN Pejompongan, Selasa (5/4).

Idris mengatakan, Widyaiswara harus terus meningkatkan kemampuannya karena tugas utamanya melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada para peserta didiknya.

“Mengajar bagus saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan metodologi pengajaran yang bagus pula. Diklat Kewidyaiswaraan berjenjang Tingkat Muda ini merupakan salah satu wujud kongkrit dari program kerja Pusdiklat Teknis dan Fungsional sebagai upaya peningkatan kompetensi jabatan Fungsional Widyaiswara,” jelasnya.

Idris mengatakan, Widyaiswara merupakan ujung tombak pembinaan SDM aparatur sipil negara. Sehingga diharapkan dapat menjadi suara kebenaran bagi para ASN.

“Tentu dengan mengajarkan nilai-nilai luhur yang harus dimiliki seorang ASN agar menjadi ASN yang profesional, jujur, berakhlak mulia dan mau melayani masyarakat tanpa pamrih,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Idris juga mengatakan bahwa Widyaiswara merupakan representasi lembaga Diklat. Sukses tidaknya sebuah lembaga Diklat juga tergantung dari Widyaiswara di lembaga Diklat tersebut. (choky/budiprayitno/humas)

 

Tags:  Diklat |1108|