Image

TOT Revolusi Mental Dalam Pelayanan Publik

Jumat, 26 Agustus 2016; |  Jam 17:31:29 WIB  

 TOT REVOLUSI MENTAL DALAM PELAYANAN PUBLIK

ACARA PEMBUKAAN (OPENING SPEECH)

 

Speech by : Dra. Elly Fatimah,M.Si

Place & Date: Jakarta, August 22th 2016

Peran pengajar dalam suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan memiliki arti dan effort yang sangat penting dalam pembentukan alumni diklat yang berkualitas, profesional, dan kompetitif. Demi menjaga kualitas dari para pengajar/Trainer agar sesuai dengan tuntutan kebutuhan pembelajaran ASN di era tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), Lembaga Administrasi Negara menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) selama 5 (lima) hari untuk Pelatihan Revolusi Mental dalam Pelayanan Publik. Berikut beberapa hal yang disampaikan Dra.Elly Fatimah, M.Si dalam pembukaan acara tersebut:

Program Pelatihan revolusi mental menjadi salah satu program prioritas pembangunan nasional karena kebutuhan manusia Indonesia akan kehidupan yang berkualitas, Melalui revolusi mental ini diharapkan tercipta manusia-manusia unggul yang berkarakter tangguh dan berjiwa reformis serta konstruktif. Indikator dari keberhasilan revolusi mental terdiri dari banyak hal mulai dari bidang aparatur negara, sektor privat, daya saing bangsa dan sebagainya. Untuk menjamin suksesnya program tersebut, dibutuhkan kerjasama dari sektor publik dan sector privat dalam proses pelaksanaannya. LAN sebagai instansi Pembina kediklatan memiliki tanggungjawab sebagai lembaga penyelenggara diklat Revolusi Mental untuk sektor publik sekaligus pencetak  pengajar-pengajar handal yang mampu mentransfer, mendistribusikan dan menyampaikan pemahaman revolusi mental ke seluruh profesi ASN di Indonesia.

LAN memiliki ciri khas tersendiri dalam penyelenggaraan Revolusi Mental, dibandingkan dengan penyelenggaraan diklat oleh sektor privat dan instansi masyarakat lain. Melalui TOT Revolusi Mental dalam Pelayanan Publik, para calon fasilitator akan diberikan kompetensi berkaitan dengan teknik menyampaikan materi-materi dalam pelatihan Revolusi Mental dalam paradigma pemberi pelayanan publik sehingga dapat  menghasilkan alumni aparatur-aparatur yang jujur, anti-korupsi dan kompetitif. Sebagai dasar dalam penyelenggaraan pelatihan Revolusi Mental, legal standing dalam bentuk peraturan kepala LAN sedang disusun dan disempurnakan demi penyelenggaraan diklat Revolusi Mental yang tepat sasaran, berorientasi tujuan, dan memiliki dampak efektif.

(Pusdiklat TF/Leo/Ajriani)  

Tags:  Kegiatan |1637|