Image

Pelatihan Calon Analis Kebijakan

Jumat, 19 Oktober 2018; |  Jam 14:04:48 WIB  

Jakarta (15/10/2018) Pada saat ini analis kebijakan sudah menjadi salah satu kebutuhan pemerintah untuk membantu menyelesaikan masalah kebijakan publik di Indonesia. Banyaknya kebijakan publik yang tidak mewakili kepentingan masyarakat menyebabkan pemerintah pusat membatalkan kebijakan publik yang sudah diterbitkan baik di tingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Oleh karena itu diperlukan ASN yang mampu menyusun kebijakan publik yang dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat serta dapat diimplementasikan secara efektif dan efisien.

Dalam arahan pembukaan pelatihan, Kepala Lembaga Administrasi Negara Dr. Adi Suryanto, M, Si menyatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk membekali peserta dalam menyusun kebijakan publik yang mampu memberikan rekomendasi kebijakan publik yang berkualitas. Sesuai dengan Perka LAN Nomor 31 Tahun 2014, pelatihan calon analis kebijakan ini bertujuan untuk mempersiapkan, membentuk dan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme analis kebijakan dalam melaksanakan kajian dan analisis kebijakan sehingga dapat menjalankan tugasnya secara profesional sekaligus prasyarat pemenuhan kompetensi. Pelatihan ini disampaikan  dengan menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran antara lain meliputi ceramah, diskusi interaktif, pembelajaran, dan pembimbingan.

Pelatihan Calon Analis Kebijakan ini akan berlangsung dari tanggal 15 Oktober s.d 2 November 2018. Kepesertaan pelatihan ini berasal dari instansi pusat dan daerah yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Lembaga Administrasi Negara, LAPAN, LIPI, Pemerintah Kabupaten Kepahiang, Pemerintah Kabupaten Jembrana dan Pemerintah Kabupaten Lingga.

Tags:  Diklat |2925|