Image

Studi Lapangan Pelatihan Management Of Training Berbasis E - Learning

Kamis, 20 September 2018; |  Jam 09:51:12 WIB  

Jakarta (13/09/2018) Salah satu agenda dalam pelatihan Management of Training (MOT) berbasis e - learning adalah adanya agenda studi lapangan. Agenda ini bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan mengobservasi dan mengeksplorasi praktik-praktik penyelenggaraan pelatihan yang baik pada suatu lembaga pelatihan dan selanjutnya dapat mengadopsi dan mengadaptasi praktik pengelolaan pelatihan.

Kegiatan studi lapangan pada pelatihan ini dilakukan dengan mengunjungi Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Kementerian Kesehatan di Cilandak.  Studi lapangan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Akademis dan Pembinaan Alumni Pusdiklat Teknis dan Fungsional, Dr. Ajriani Munthe Salak, M. Ed . Dalam sambutannya Kepala BBPK Kementerian Kesehatan Jakarta,  Drs. Zaenal Kohar, Apt, MA menjelaskan bahwa tugas BBPK Kemenkes sesuai dengan Permenkes RI Nomor. 2361/Menkes/Per/XI/2011 adalah melaksanakan pendidikan dan pelatihan serta pengembangan sumber daya manusia kesehatan dan masyarakat.

 Pengelolaan pelatihan di BBPK Kemenkes Jakarta telah menerapkan penjaminan mutu melalui akreditasi pelatihan, akreditasi institusi, akreditasi lembaga diklat dan akreditasi ISO. Pelatihan yang diselenggarakan juga telah menggunakan pemanfaatan IT dengan tujuan mengurangi penggunaan kertas melalui registrasi online, pre test dan post test online, pemanfaatan e – learning, electronic library dan penggunaan barcode dan face print untuk absensi. Pelaksanaan pelatihan yang dilakukan juga mengintegrasikan kearifan lokal melalui sholat berjamaah, self cleaning table, olah raga bersama serta pelatihan ramah difabel. BBPK Kemenkes Jakarta juga menerapkan pelatihan yang  berbasis green office, eco social, eco economic dan eco environment.  

Dalam kegiatan ini peserta mendapatkan penjelasan pengelolaan pelatihan di BBPK Kemenkes Jakarta melalui penjelasan paparan, tanya jawab serta visitasi sarana dan prasarana pelatihan. Pada akhir kegiatan ini peserta diminta untuk membuat kertas kerja perorangan sebagai laporan studi lapangan yang telah dilakukan. Dengan kegiatan studi lapangan ini peserta diharapkan dapat melihat hubungan antara teori yang telah dipelajari dan pengelolaan pelatihan yang terjadi di lapangan.

Tags:  Diklat |1788|