Program Diklat bagi Aparatur Sipil Negara  

Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan kunci keberhasilan pembangunan nasional. Hal ini perlu disadari, karena manusia merupakan subjek dan sekaligus objek dalam pembangunan. Mengingat hal tersebut, maka pembangunan Sumber Daya Manusia diarahkan untuk menjadi manusia yang benar-benar mampu dan memiliki etos kerja produktif, trampil, kreatif, disiplin dan profesional. Disamping itu juga mampu memanfaatkan, mengembangkan, menguasai ilmu dan teknologi yang inovatif dalam rangka memacu pelaksanaan pembangunan nasional.

 

Salah satu upaya atau cara untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia tersebut, khususnya sumber daya manusia aparatur pemerintah dalam mengembangkan tugasnya atau jabatan birokrasi adalah dengan melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pegawai Negeri Sipil yang berorientasi pada standar kompentensi jabatan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.

 

Untuk dapat meningkatkan kompetensi aparatur pemerintah melalui pendidikan dan pelatihan harus diarahkan kepada upaya:

1.     Peningkatan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara dan tanah air;

2.     Peningkatan kompetensi teknis, manajerial dan atau kepemimpinan;

3.     Peningkatan efisiensi, efektivitas dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerjasama dan bertanggungjawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasinya.

 

Agar tercapainya sasaran diklat sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka Pusdiklat SPIMNAS Bidang TMKP yang salah satu tugas pokoknya adalah merencanakan dan mengembangkan berbagai kurikulum yang terkait dengan diklat teknis dan fungsional, mengembangkan dan mengelompokkan jenis diklat tersebut sesuai dengan jabatan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh jajaran Aparatur Pemerintah menjadi 4 (empat) kelompok, yaitu:

1. Diklat Teknis Umum

2. Diklat Teknis Administratif

3. Diklat Teknis Manajemen

4. Diklat Fungsional