Image

Studi Lapangan Diklat Management of Training di Badan Diklat Kejaksaan

Selasa, 21 Juni 2016; |  Jam 09:20:44 WIB  

Mata Diklat Studi Lapangan dalam kurikulum Diklat Pengelola Diklat (Management Of Training) termasuk dalam kelompok aktualisasi kegiatan atau praktik lapangan. Studi lapangan mengandung arti mengadakan kegiatan observasi (pengamatan, mendengarkan, aktif melakukan kegiatan dan mencoba memahami perasaan) di luar kelas, di tempat lain yang ditetapkan. Kegiatan ini merupakan kegiatan pembelajaran yang terpadu dengan mata-mata Diklat dan kegiatan lain dalam kurikulum secara keseluruhan. Melalui kegiatan studi lapangan, peserta Diklat dapat belajar dari pengalaman orang lain, lembaga lain dalam melaksanakan pelatihan, sambil mencoba melihat hubungan antara teori yang dipelajari di kelas dengan apa yang terjadi di lapangan.

Pada Diklat MOT yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Teknis dan Fungsional, lokus yang ditetapkan untuk kegiatan studi lapangan adalah Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI. Rombongan peserta dipimpin oleh Kabid Akademis dan Pembinaan Alumni Pusdiklat Teknis dan Fungsional, Dr. Ajriani Munthe Salak, M.Ed. Pada acara Pembukaan Kegiatan Studi Lapangan Diklat MOT, Elvis Johnny, SH, MH - Sekretaris Badan Diklat Kejaksaan menyebutkan bahwa Badan Diklat sebagai 'arena' membentuk insan Kejaksaan adalah salah satu bagian dari pilar penegakan hukum di Indonesia, tentunya ingin selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Sadar bahwa penegakan hukum merupakan rangkaian proses untuk menjabarkan abstraksi nilai, ide, dan cita menjadi tujuan hukum yang mengandung nilai-nilai moral, seperti nilai kebenaran dan keadilan. Nilai-nilai tersebut harus diaktualisasikan dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam konteks dinamika hukum masyarakat.

Terwujudnya penegakan hukum tidak terlepas dari eksistensi Badan Diklat Kejaksaan dalam melahirkan alumni Diklat yang memiliki attitude, knowledge dan skill melalui Diklat Kepemimpinan, Diklat Prajabatan, Diklat Manajemen, Diklat Teknis Administrasi Kejaksaan dan Diklat Teknis Substansi. Selain itu untuk meningkatkan kualitas pengajar di lingkungan Badan Diklat Kejaksaan juga dilakukan seminar dengan mengundang narasumber, praktisi dan melakukan kunjungan PKL ke Metro TV. Badan Diklat Kejaksaan RI juga telah dilengkapi sarana dan prasarana yang sangat memadai proses pembelajaran. Acara pembukaan kunjungan Studi Lapangan Diklat MOT dan paparan profil Badan Diklat Kejaksaan ini diakhiri dengan serah terima cendramata antara Badan Diklat Kejaksaan dan Pusdiklat TF LAN.

Peserta Studi Lapangan Diklat MOT difasilitasi untuk melakukan diskusi dalam 4 kelompok, yaitu Kelompok Perencanaan Diklat, Kelompok Penyelenggaraan Diklat, Kelompok Pengembangan Program Diklat dan Kelompok Evaluasi Diklat. Selain itu peserta Studi Lapangan dibawa untuk melihat sarana dan prasarana di Badan Diklat Kejaksaan. Pada akhirnya melalui kegiatan Studi Lapangan, peserta dapat melihat hubungan antara teori yang dipelajari di kelas dengan apa yang terjadi di lapangan.

Tags:  Diklat |1610|