Image

Kampanye Aksi RB Nasional Pelatihan RLA Angkatan XII

Sabtu, 08 September 2018; |  Jam 06:07:13 WIB  

Jakarta (05/09/2018) bertempat di auditorium Gedung Makarti Lantai 3 PPLN LAN Pejompongan Jakarta Pusat, para peserta pelatihan Reform Leader Academy Angkatan XII melakukan Kampanye Aksi Reformasi Birokrasi Nasional. Sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan yaitu Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Naturalisasi Sungai)  para peserta pelatihan melakukan  Rencana Aksi Reformasi Birokrasi Nasional dengan memberikan rekomendasi konsep Manajemen Sungai Terpadu (One River One Management).Konsep ini menuntut adanya perubahan melalui sebuah Reformasi Birokrasi sebagai akselerasi tata kelola pemerintahan  untuk mewujudkan sungai yang bersih dan lestari . Konsep Manajemen Sungai Terpadu didasari masih banyaknya permasalahan dalam pengelolaan sungai diantaranya (1) Disharmonisasi kebijakan (2) Belum tersedianya satu data yang valid dan akurat sebagai rujukan pengelolaan sungai (3) Kurangnya peran serta masyarakat  dan (4) Kurangnya penegakan hukum.

Konsep yang direkomendasikan untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan Daerah Aliran Sungai tersebut dengan menerapakan Manajemen Sungai Terpadu (One River One Management). Pengelolaan Daerah Aliran Sungai melalui Manajemen Sungai Terpadu dapat dibagi ke dalam tahapan sebagai berikut  (1) Pembuatan satu data yang valid dan akurat sebagai dasar pembuatan kebijakan yang tepat (2) Pembuatan satu perencanaan yang akan dilaksanakan oleh semua stakeholders sesuai dengan fungsi dan kewenangannya (3) Implementasi terintegrasi yang melibatkan semua stakeholders dan (4) Penegakan hukum secara tegas dan terpadu.

Penerapan konsep Manajemen Sungai Terpadu (One River  One Management) diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan pengelolaan Daerah Aliran Sungai di Indonesia melalui integrasi semua stakeholders sehingga dapat mewujudkan sungai yang bersih dan lestari.

Tags:  Diklat |630|